Selasa, 29 April 2008

CD Dialog antar Umat Beragama Arimatea, Konfrontatif

Mencari harapan, untukku menyaksikan
umat yang berkuak ini kembali bersatu hati

buanglah yang keruh, ambilah yang jernih

tiada yang lebih berharga selain dari perpaduan

lupakanlah segala persengketaan

buka kembali tali persaudaraan….
Bersatu kita teguh, bercerai kita roboh…

[Raihan]

Terdapat tiga buah CD dalam satu paket dari Arimatea dengan judul yang sangat menyolok; "Debat, Muallaf vs Murtadin". Sekilas, sudah jelas ini merupakan debat bukan dialog dan bersifat saling mempertentangkan ajaran masing-masing, terlebih dengan penggunaan kata Versus (VS). Itikad pembuatan CD ini adalah jauh dari mempererat tali persaudarran antar sesama, sesama anak adam dan sesama bangsa Indonesia. Kemudian yang terjadi adalah proses konfrontatif, bukan dialogis sekalipun itu tanpa friksi-friksi fisik, tapi konfrontasi dan saling ejek dalam verbal.

Namun, saat CD diputar awalnya disenandungkan lagu dari Raihan yang liriknya mengandaikan indahnya tali persaudaraan dan kebersamaan. "Bersatu kita teguh, bercerai kita roboh…". Terhenyak sebuah pertanyaan, apa sebenarnya isi CD terebut? Berlahan mulailah terlihat Backdrop acara debat ini, ternyata bukanlah acara debat, namun acara dialog antar umat beragama yang secra teks bisa diartikan ber-orientasi pada kerukunan. Selama ini memang CD-CD dari Arimatea, yang beredar di khalayak umum merupakan bagian dari penyelamatan terhadap kristenisasi. Lalu mengapa acara tersebut bertema dialog bukan debat?

Acara yang ditayangkan di CD tersebut bertempat di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, dengan mayoritas 90% audience-nya adalah muslim. Suasana berlangsung sangat ramai bahkan panas dimana kedua belah pihak saling menghina kitab suci dan ajaran agama. Dari pembicara Muslim melihat ketidak wajaran ajaran kristen dan tidak konsistensinya kitab suci mereka, begitupun dari tokoh kristiani melihat Al-Qur'an penuh dengan ketidak pastian dan islam adalah agama yang rancu.

Hina-menghina ini akan terus berlangsung karena bagaimanapun ketika acara lintas Agama pembicaranya adalah para Muallaf dan Murtadin, tentu yang dibicarakan adalah jeleknya agama yang lalu, dan sempurnanya agama yang sekarang dipeluk. Artinya tidak mungkin ada bahasan selain saling menjelek-jelekan agama yang lain. Sekalipun kearifan muncul ketika yang disampaikan oleh pihak kristiani, mereka mengatakan "dialog ini bagus untuk mempersatukan kita anak adam, umat beragama dan bangsa Indonesia dalam sebuah pluralitas". Akan tetapi karena terbawa suasana, mereka-pun akhirnya kembali saling mendebat teologi masing-masing.

Ketika di akhir, dua orang dari umat kristiani --yang bukan menjadi nara sumber-- kembali mengingatkan, bahkan bisa dibilang mengkritisi acara tersebut.; "Bukankah disini tertulis sebagai acara dialog yang berusaha mencari titik temu kerukunan, bukan saling mendebat, mencari perbedaan dan menghina agama lain?!" Selanjutnya ditambahi oleh temannya yang berlatar belakang seorang akademisi sains, ia mengatakan bahwa pertemuan antar umat beragama sebaiknya adalah saling menjelaskan bagaimana agama tersebut, bukan bagaimana agama orang lain. Dari muslim menjelaskan bagaimana islam, dan Kristiani menjelaskan keindahan Kristen, jangan kemudian muslim berbicara kristen menurut dia, dan sebaliknya kristiani berbicara islam.

Sangat berbeda, pertemuan antar umat beragama yang di prakarsai oleh Arimatea ini, dengan sebuah dialog antar umat tokoh beragama [bukan seorang murtadin dan muallaf, yang jelas saling menentang] yang di fasilitsai oleh JIL pada 17 maret lalu di Teater Utam Kayu. JIL menghadirkan Romo Magnis [Katolik], Martin Lukito Sinaga [Protestan] dan K.H Husein Muhammad [Islam], bertiga duduk dalam satu meja memanjang membicarakan sebuah perjuangan Hak Manusia dalam Kebebasan berkeyakian, atau beragama dan tidak beragama. Sebuah suasana yang sangat hangat terbentuk dalam ruangan tersebut, dimana tiga agama yang berbeda bersatu padu memperjaungkan satu hal yang sama. Terlewati sudah batas-batas pembeda, tidak lagi [bahkan tidak samasekali] perbedaan yang diperlihatkan diantara mereka.

Sesekali ,Romo Magnis meledek Martin Lukito sebagai orang sesat, namun itu bukanlah ucapan yang saling menyesatkan. Melainkan justru sedang menyindir oarang-orang yang menganggap kelompoknya paling suci dan lainnya sesat, hina dan masuk neraka. Kadangkala K.H Husein Muhammad yang suka serius juga di buat tertawa oleh canda yang dibuat moderator tentang islam sebagai plagiator Yahudi. Bagi mereka tabir-tabir pembeda bukanlah masalah, tiada lagi kata hina-menghina. Karena inilah keindahan dari dinamisasi kehidupan, yang harus dipertahankan agar manusia mampu memanusiakan dirinya dan perbedaan adalah sarana bersaing dalam fastabiqul khairat.

Tidak ada komentar: